Skip to main content

Cara Memperbaiki Magnet Kunci Sepeda Motor

Kunci sepeda motor menjadi alat pertama yang digunakan untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Bila terjadi sedikit kendala dengan Kunci maka bisa dipastikan dapat mengganggu aktivitas anda. Salah satu masalah yang sering terjadi dengan kunci sepeda motor adalah magnet kunci sepeda motor yang lepas. Nah, beruntung bagi anda yang dapat mengingat-ngingat letak dari magnet tersebut sehingga mampu dipasang kembali dengan benar. Nah, Apa jadinya kalau ternyata anda lupa magnet tersebut berasal dari lubang yang mana? tenang, berikut saya akan membagikan tips sederhana bagaimana mengetahui asal lubang dari magnet tersebut.



Pada kunci motor setidaknya terdapat 3 komponen magnet dengan lubang 5 termasuk yang sudah terdapat magnet. Jika sobat semua tidak mengetahui magnet jatuh dimana, sobat bisa beli di toko penyedia magnet terdekat dan membeli ukuran yang sesuai. Komponen magnet kunci tersebut digunakan untuk membuka pengaman magnet pada sepeda motor seperti gambar berikut :



Posisi magnet kunci dan pengaman maget sepeda motor berhubungan melalui sifat kemagnetan ya sobat. Berikut saya sampaikan tahap tahap untuk membenarkan magnet kunci sepeda motor.

1.    Magnet kunci motor lepas
Jika sobat dapat menemukan magnetnya maka simpan dulu, namun jika sobat tidak dapat menemukannya sobat dapat membeli di toko penyedia magnet dengan ukuran yang sesuai. Setahu saya harga magnet tersebut Rp.1000 per buah dengan nama Neodymium

2.   Mencari posisi asal Magnet
Setelah sobat memilki magnet, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu posisi magnet. Caranya adalah dengan menempelkan magnet pada pengaman magnet dan lihat magnet menempel pada posisi yang mana. langkah tersebut juga harus memperhatikan magnet yang masih menempel pada kunci pada posisi yang mana?. Sehingga sobat tidak perlu mencari cari terlalu banyak. cukup dua posisi yang sekiranya asal dari magnet tersebut.

3. Masukkan lagi magnet pada kunci
Memasukkan magnet kedalam lubang kunci ternyata memiliki dasar lo sobat. Magnet pada kunci itu memiliki 2 kutub. Sedangkan pada pengaman magnet juga memiliki kutub. Nah, dasar peletakannya adalah pada muka kunci usahakan permukaan magnet kunci dan pengaman magnet tolak menolak. Dengan artian, mempertemukan muka magnet kunci dengan pengaman magnet yang memiliki kutub sama.

4. Coba buka pengaman magnet
Setelah itu cobalah buka pengaman magnet dengan kunci. Woaallaa ternyata bisa kok sobat. Biasanya kalau ke ahli kunci habis Rp. 70.000 lo sobat. Lumayan menghemat uang sambil belajar mengenai fisika tentang magnet. Tapi ingat ya sobat, jangan menggunakan informasi ini untuk hal-hal yang di luar norma masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

Batuan Beku Fragmental

BATUAN BEKU FRAGMENTAL     Batuan beku fragmental atau yang biasa disebut batuan pyroclastic adalah batuan yang terbentuk dari material (volkanik) khususnya yang memiliki karakter letusan eksplosif. Bahan bahan yang dikeluarkan kemudian mengalami proses litifikasi . Batuan beku fragmental ini memiliki ciri-ciri yakni kenampakan kristal dari mineral mineral penyusun batunya tidak kasat mata melainkan berukuran mikro. Kenampakan kristal yang sangat kecil ini diakibatkan oleh perubahan suhu yang cepat sehingga mineral mineral yang memiliki titik beku tinggi relatif tidak sempat berkembang, untuk perkembangan kristalnya sendiri penurunan suhu yang sangat cepat mengakibatkan kristal kristal tidak dapat berkembang secara sempurna. Secara tekstur batuan beku fragmental dapa dianalogikan memiliki tekstur afanitik .      Batuan beku fragmental sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan ganesanya yakni sebagai berikut :  1) Endapan Jatuhan Piroklastik     Endapan jatuhan pirokl

Relasi Tektonik Lempeng dengan Petrologi

TEKTONIK LEMPENG DAN PETROLOGI             Bumi merupakan salah satu planet yang terdiri atas beberapa lapisan yakni Litosfer,Astenosfer, mesosfer, outer core dan inner core. Lapisan Litosfer bumi mencakup lapisan yang paling atas yang bersifat dingin dan kaku, lapisan litosfer ini memiliki kedalaman 100-200 km yang meliputi kerak benua yang bersifat tebal dan ringan serta kerak samudra yang bersifat berat dan tipis. Selanjutnya, lapisan asthenosfer adalah lapisan pada bumi yang bersifat panas mendekati titik leleh dan mampu bergerak plastis. Lapisan asthenosfer ini memiliki kedalaman 200-500 km.  Hubungan antara kedua lapisan inilah yang bisa membawa kita untuk mengenal lebih dalam tentang teori tektonik lempeng beserta hubungannya dengan petrologi.             Teori tektonik lempeng pada awalnya dicetuskan oleh Alferd Wegener. Hipotesanya yaitu bumi pada awalnya hanya terdiri dari satu benua (super continent) yang disebut Pangea dan dikelilingi oleh lautan